Wisata Baru Indonesia Yang Megah di Jawa Tengah, Brown Canyon

Brown Canyon? Sungguhan itu di Indonesia? Kamu pasti tahu dong yang sebutannya Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat sana, juga Green Canyon di tengah-tengah eloknya alam tropis Pangandaran. Well, kalo Brown Canyon ini adalah wisata baru yang ada di kota Semarang guys!

Bukan pas di kotanya sih, tebing-tebing mencuat megah yang disebut Brown Canyon ini ada di dekat kota Semarang, kurang lebih 2 km ke selatan TVRI Jawa Tengah, lebih tepatnya di Rowosari Meteseh, Tembalang. Meskipun baru dikenal, tempat ini telah menjadi lahan perburuan favorit kaum fotografer amatir hingga handal. Eksotisme Brown Canyon berlokasi pada kemegahan tebing-tebing yang tinggi, berpadu dengan terdapatnya pohon-pohon hijau di puncaknya. Daya pikat alam yang istimewa ini menjadikan tempat Brown Canyon jadi destinasi wisata menarik yang disayangkan jika tak dikunjungi.

Tapi, kalau kamu ingin datang ke Brown Canyon dan bertanya arah kepada penduduk sekitar, dijamin kamu gak akan dapatkan jawaban. Mereka belum kenal dengan nama Brown Canyon. Yang mereka ketahui cuma wilayah ini adalah lokasi tanah urug, penambangan material pasir, dan batu padas. So, kamu musti cari jalan sendiri guys. Welcome to real adventure!

Sudah sampai di Kota Semarang, lantas kemana? Silakan pilih dari 3 rute ini: (1) Arah Timur Semarang: Tuk menelusuri rute ke Brown Canyon, dari timur Semarang, kamu boleh ambil arah ke Jl. Fatmawati, menuju ke RSUD Kota Semarang (Ketileng). Bersua RS, ambil arah kiri (ke Perum Klipang) kearah Klipang Golf. Begitu tiba di Klipang Golf, kamu lanjut melintasi jembatan besi. Sehabis jembatan besi ke-3 (jembatan dengan sungai besar) akan terdapat pertigaan arah selatan, di sana belok kanan. Ambil jalan lurus, kira-kira 2 kilometer di depan akan melihat keeksotisan Brown Canyon Semarang. (2) Arah Barat Semarang: Rute Brown Canyon pun bisa diambil dari barat, yaitu melewati Batang, Kendal lalu Simpang Lima Semarang. Ambil arah ke pertigaan “Pasar Kambing” kemudian Mrican, Kedung Mundu, sampai Sambiroto. Sampai di pertigaan Intan Permai, belok kiri (Jl. Elang) dan terus sampai mencapai perempatan Pasar Meteseh, di sana belok kiri. (3) Arah Semarang atas, Solo dan Yogyakarta: Untuk kamu yang berasal dari arah atas Semarang, Solo maupun Jogja bisa melintasi Banyumanik, Tembalang, UNDIP lalu menuruni Sigar Bencah sampai tiba di perempatan Pasar Meteseh. Dari situ, langsung ambil jalan lurus.

Berhubung zona ini belum jadi destinasi wisata buat turis, maka ada sebagian hal yang kamu wajib persiapkan buat petualangan kamu. Tempat ini adalah tempat penambangan yang terbilang aktif, maka datang pada hari libur saja. Saat memang datang saat hari kerja, jangan lupa membawa masker dan kacamata sebab debunya cukup ngebul. Kendaraan yang sangat cocok tuk dipakai ke Brown Canyon ialah sepeda motor. Pilihan lain ialah Jeep atau alat transportasi 4×4 lainnya. Tapi jalanan desa berbatu akan lebih menantang bila ditelusuri dengan naik sepeda. Nah, bila kamu tertarik berkunjung ke Brown Canyon di Semarang, bisa sambil jalan-jalan ke Karimunjawa lho. Untuk tiba kepulauan Karimunjawa yang tersohor dengan keindahan terumbu karang, kamu bisa menyewa speedboat dari Pelabuhan Tanjung Emas (Tanjungmas). Jangan lupa cek jadwalnya. Atau bisa lewat Pelabuhan Kartini di Jepara, 2 jam dari Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *