Tidak Hanya Melihat Laut, Pelabuhan Ratu Pun Punya Wisata Menarik

Saat berkunjung ke Sukabumi, hampir sebagian besar dari wisatawan langsung pergi ke Pantai Pelabuhan Ratu. Eits nanti dulu tahan diri sebentar, padahal ada juga lho lokasi yang masih sepi serta indah di dekat Pelabuhan Ratu. Penasaran? Intip aja wisata Simpenan yang ada di Desa Kertajaya. Satu dari banyak wisata pesisir pantai di Jawa Barat yang harus dikunjungi ialah wisata Simpenan yang ada di sekitar Pantai Loji, Pelabuhan Ratu. Wisata disana, wisatawan bakal dimanjakan oleh pantai yang didominasi oleh karang, batu-batuan dan pasir hitam. Tidak hanya pantai, Anda bakal menemui suatu Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu sa yang ada diatas bukit dipinggir Pantai Loji. Ini merupakan satu dari banyak vihara yang menyediakan tempat peribadatan yang paling lengkap di Indonesia khususnya untuk agama Buddha.

Pelabuhan Ratu

Untuk wisata simpenan, Anda boleh menuju ke Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, Sukabumi, Jawa barat. Diperkirakan memliki jarak jauhnya hingga 8 km dari dermaga Pelabuhan Ratu. Posisi jalan yang harus diemngertioleh para wisatawan yang ingin kesini ialah pertigaan Cidadap Anda belok ke kiri ke jalan Kiara Dua yang bakal menuju Ujung Genteng, sementara lurus adalah ke arah Pelabuhan Ratu. Jarak pertigaan itu kira-kira 5 km sebelum anda menemukan wisata Pelabuhan Ratu. Pantai yang bakal Anda temui disana ialah Pantai Cipunaga. Bila Anda telusuri pantai tersebut anda akan lihat disana itu dipenuhi karang-karang, mulai yang bentuk karang kecil hingga ke bentuk karang besar. Diantaranya ialah Karang Perahu, Karang Bolong juga Karang Merah. Mengapa disebut dengan nama Karang Perahu? Karena karang tersebut berbentuk layaknya perahu besar. Karang itu cocok sekali tuk foto-foto sudah pasti buat foto pre-wedding juga sangat cocok jika anda memutuskannya untuk berfoto disini. Disini Anda pasti dimanjakan oleh panorama awan yang indah serta pebukitan-perbukitan di pesisir pantai selatan Kepulauan Jawa.

Selain pantai, wisatawan bisa pula berkunjung ke Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu sa. Lokasi Vihara ini ada diatas bukit, maka tuk menuju kesana Anda harus melewati tangga yang totalnya mungkin tidak terhitung karena tidak pernah ada tahu pasti tentang jumlah anak tangga vihara ini. Konon menurut informasi, setiap pengunjung tak ada yang bisa mengkalkulasi jumlah pasti dari anak tangga itu. Bila dihitung, ada yang totalnya ada 200 anak tangga, 300 dan seterusnya. Itulah yang bisa disebut sebagai keanehan hitungan itu belum ada yang sama. Diatas sana, Anda akan menemui sejumlah guci, tembah sembayang dan dimanjakan dengan panorama Pantai loji yang membentang luas. Tidak hanya pantai dan vihara, Anda pun bisa berkunjung ke objek teropong bintang. Disayangkan ketika saya mendatanginya tempat itu baru dipindah dan Pemda setempat belum akan meresmikan tempat pindahan barunya ini. Untuk para wisatawan yang berminat menikmati tempat ini lebih dari satu hari, tersedia sejumlah penginapan di sini. Pastinya anda harus mempersiapkan budget yang agak banyak hehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *